Pergulatan Media Komunitas di Tengah Arus Media Baru

 

Buku hasil studi kasus lima media komunitas dari beberapa daerah di Indonesia. Selama ini literatur tentang media komunitas di Indonesia relatif sulit ditemukan. Kajian-kajian terkait media komunitas di Indonesia pun masih sangat jarang. Padahal, peran media komunitas dalam menciptakan demokrasi di tingkat lokal sangat signifikan.

Ada lima media komunitas yang menjadi subjek kajian dalam penelitian ini. Kelimanya yakni Rakom Best FM (Cirebon-Jabar), Rakom Wijaya FM (Sleman-DIY), Rakom Suandri (Padang Pariaman-Sumbar), Rakom Primadona FM (Lombok Utara-NTB), dan Buletin Speaker Kampung (Lombok Timur-NTB). Penelitian ini dilakukan oleh empat penulis, yaitu Idha Saraswati dan Ferdhi Fachruddin Putra (CRI), Ranggabumi Nuswantoro dan Mario Antonius Birowo (Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Berbekal studi kasus terhadap lima media komunitas tersebut, penelitian ini berupaya mengungkap pengaruh lahirnya media baru terhadap perkembangan media komunitas.

Untuk mendapatkan buku ini silakan kontak office@combine.or.id / 0274 – 411123 atau datang langsung ke kantor Combine Resource Institution dengan alamat Jl. KH Ali Maksum No. 183, Pelemsewu, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Protected with IP Blacklist CloudIP Blacklist Cloud